Jumat, 10 Agustus 2012

Saat Dirancang, Galaxy S Diarahkan Mirip iPhone

Apple berhasil mengajukan dokumen internal Samsung setebal 132 halaman sebagai bukti di pengadilan sengketa paten kedua perusahaan tersebut, pada Selasa (7/8/2012).

Dokumen laporan itu berisi penjelasan hasil evaluasi perbandingan smartphone Galaxy S milik Samsung dengan iPhone dari Apple.

Seperti tertuang di laporan yang diterjemahkan dari bahasa Korea tersebut, pada 2010 Samsung membandingkan tiap elemen Galaxy S dengan iPhone, mulai dari tampilan homescreen, browser, hingga aplikasi bawaan.

Sebuah rekomendasi diberikan pada tiap perbandingan untuk membuat Galaxy S menjadi lebih baik dengan memakai iPhone sebagai acuan. Pada kebanyakan kasus, rekomendasinya adalah "buat agar mirip iPhone".

Dengan kata lain, laporan hasil evaluasi internal Samsung tersebut menyimpulkan bahwa Galaxy bisa dibuat lebih baik asalkan mirip dengan iPhone dan memiliki tampilan user interface yang mirip pula.

Bukti ini dijadikan pendukung oleh Apple yang menuduh Samsung telah meniru iPhone.

Akan tetapi, untuk memenangkan kasus, Apple bukan hanya perlu membuktikan bahwa Samsung telah meniru iPhone. Apple juga harus bisa membuktikan bahwa pabrikan asal Korea itu telah melanggar paten desain dan utilitas atau paten tentang elemen desain spesifik dari iPhone dan iPad.

Paten tentang hal terakhir ini dikenal dengan istilah hukum "trade dress".

Di sisi lain, seorang juru bicara Samsung mengatakan bahwa dokumen laporan evaluasi itu tidak berakibat fatal bagi upaya hukum Samsung  melawan tuduhan Apple.

" Samsung mengevaluasi produk-produk dari banyak perusahaan lain," ujar juru bicara itu, seperi dikutip oleh All Things Digital.

Dia melanjutkan bahwa analisa perbandingan produk itu adalah hal rutin yang banyak dilakukan perusahaan-perusahaan di berbagai industri, termasuk oleh Apple sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar